toxic femininity - Female Daily Talk

kittylestrange91

Beauty Goddess

30 - 34

Edited βˆ™ 22 Apr 2022

toxic femininity

hi all! pernah denger ngga sih tentang toxic femininity ini? soalnya kayanya sekarang sering banget aku denger soal ini, dan pas aku cari tau tuh ini kaya stereotip kalo perempuan tuh harus feminine, misal, harus jago masak, harus pinter makeup, harus bisa bersih" rumah, harus cepet nikah, perempuan ngga usah sekolah tinggi", dsbg. intinya ini kebalikan dari toxic masculinity yg mengharuskan cowo ya harus masculine. kalo aku kebetulan di ada Ade cowo, dan kita ngga pernah dibedain sama ortu. aku ngga pernah dituntut untuk jadi cewe feminine, dan mamaku ngedidik aku supaya ngga terlalu mengandalkan laki". cuma yg aku risih itu lingkungan sekitar, kaya, "kamu tuh cewe, harusnya main boneka bukan main sepeda". tapi yg paling menyebalkan buat aku adalah, "kamu itu perempuan. kamu harus jadi ibu, harus punya anak, jangan menyalahi kodrat", padahal nyatanya ngga semua perempuan itu bisa jadi seorang ibu, dan aku salah satunya. lucunya, kebanyakan omongan seperti itu dtngnya dari mulut perempuan juga. kalo menurut kalian apa sih toxic femininity itu? dan apakah kalian pernah ngalamin juga dpt komen" yg "toxic"?

Tags

toxic femininity
sharing

9

20


TALKS

Sort by

priviasr

Beauty Expert

19 - 24

3 days ago

Ahahahaha aku yang dari kecil lebih suka sepedaan dan manjat pohon pas tinggal sama simbah sebebas itu ga di haruskan perilaku ini itu, trus tinggal sama ortu harus wajib pake jilbab dan tingkah anggunly selalu berasa bukan diri sendiri bahkan sampe saat ini :”

3 days ago βˆ™ Edited

2

1

kittylestrange91

Beauty Goddess

30 - 34

2 days ago

@priviasr sama sis, ortuku sih membebaskan aku mau ngapain kek. pake rok pun ngga mesti, lagian pasti dibawelin mereka disuruh pake celana dalaman lagi, mending udah pake celana sekalian 🀣 eh begitu aku internship aku jawab ngga suka pake rok dan ngga punya rok lain selain seragam, training manager nya malah bilang, "kamu tuh cewe masa ngga suka pake rok? cewe tuh harus pake rok." kesel banget dengernya πŸ™„

2 days ago βˆ™ Edited

0

0

farahimaniar

Beauty Advisor

19 - 24

08 Jun 2022

masih bingung sama istilah toxic femininity karna menurutku mirip sama definisi patriarki. kalo nglamin langsung sih belum pernah. tapi sering aku liat di twitter, yg sempet viral pernah baca twit mba mba yg ngamuk liat orang masakin suaminya bekal

08 Jun 2022 βˆ™ Edited

3

1

kittylestrange91

Beauty Goddess

30 - 34

08 Jun 2022

@farahimaniar iya kalo diliat" beda sih sis, kalo patriarki kan cowo itu dianggap derajatnya lebih tinggi dan lebih superior, dan emang toxic femininity ini dtngnya ya dari sistem patriarki yg menganggap cewe itu ya harus penurut, harus "feminin". kalo toxic femininity itu lebih mirip sama toxic masculinity, bedanya kalo toxic masculinity itu dialami sama cowo" kalo toxic femininity itu ke cewe, intinya ya itu kita itu dituntut untuk mencerminkan dan berlaku sesuai sama gender kita. kalo toxic masculinity kan contohnya: kaya cowo tuh harus macho, cowo beneran itu ngga pake skincare.

08 Jun 2022 βˆ™ Edited

2

0

kiannezra

Beauty Enthusiast

35 - 39

25 Apr 2022

wah sering haha. walo mungkin yg soal punya anak ga ya, krn gw sendiri udah punya anak. tp dr soal ngurus rumah, masak, dll. laki gw lebih banyak ngurusin soal masak (krn gw ga bisa masak, jagoan dia, masakannya jg enakan dia haha) tp gw ma laki gw sih kita sepakat, semua bagi 2. dr urus rumah, urus anak, biaya dll. yg kepoin tutup mata aja wkwkwkw dr laki gw yg suka masakin aja byk yg nyinyir, so what gw ga peduli koq. ntah lah, mungkin krn gw sendiri terlalu cuek jadi.... bodo amat. dr dolo byk yg malah sering di bilang 'emang lo cw?' - sama para cowo sampe bosen, malah pd bilang 'emang ada yg mao ma yg kyk gini?' lah buktinya gw punya laki wkwkwkwk. sebenernya yg paling bikin mati rasa gara2 tiap hari dolo ma bokap selalu disuru 'luwes dikit napa sih jadi cw? ga ada luwes2nya' - alhasil kebal wkwkwkwk.

25 Apr 2022 βˆ™ Edited

1

4

kittylestrange91

Beauty Goddess

30 - 34

25 Apr 2022

@kiannezra sama sis, temen" cowo ku juga pas kuliah bilang, "aduh, lu tuh terlalu independen, cowo banyak yg takut mau deketin lu" lah buktinya ada yg mau πŸ™„ kaya risih aja sih kan cewe ngga selamanya lemah trus dikit" minta tolong cowo, apalagi aku sering liat mamaku ngapa"in sendiri karena papaku jarang dirumah. ngeliat aku ngangkat Aqua galon aja cowo" pada heran πŸ™„ trus aku haus aku harus nunggu mereka gantiin galon nya? aku juga ya bodo amat, kalo ngga bisa nerima cewe yg independen, yg kuat dan mandiri ya udah berarti itu cowo" aja yg cemen 🀣

25 Apr 2022 βˆ™ Edited

2

0

kiannezra

Beauty Enthusiast

35 - 39

26 Apr 2022

@kiannezra nah iya knp sih ya itu cowo2 mulutnya usil bgt komentarin tema feminis gitu. bahkan ya dolo sampe ada 1 geng cowo yg musuhin gw krn katanya gw merusak citra cw (wtf???) cuma gara2 gw slebor, cuek, ga jaim,trus maennya ma cowo semua (lah mo gmn dolo di kelas gw yg mo maen kartu cowo2, kl ada cw yg maen gw hayu aja ga pilih2 gender koq wong yg penting seru, tp ya mo gmn lg yg cw2 pd ga demen... ya masa gw paksa diri ngikut ga demen? btw bukan judi ya pure maen)

26 Apr 2022 βˆ™ Edited

1

1

kittylestrange91

Beauty Goddess

30 - 34

26 Apr 2022

@kiannezra ngga cuma cowo sih sis yg mulutnya usil, cewe juga gitu, cuma cowo kalo sekalinya ngomong entah kenapa malah bikin kita keselnya dobel πŸ˜‚. kalo kita mainnya sama cowo dibilangnya cewe kegatelan πŸ™„ padahal ya kita main sama siapa aja mereka, cewe" nya aja yg ngga mau karena jaim, dan kita paling main nya main games doang bukan yg negatif juga. kalo kita cewe nya manja, cowonya ngoceh, jadi cewe kok lemah banget sih, apa" mesti dibantuin. giliran cewe nya cuek, ngga manja malah diocehin dibilang merusak citra cewe. trus maunya cewe harus gimana? heran 🀣

26 Apr 2022 βˆ™ Edited

0

0

kiannezra

Beauty Enthusiast

35 - 39

27 Apr 2022

@kiannezra manusia emang mulutnya suka usil ya wkwkwkw. nah kl gw yg bilang gw kegatelan justru yg cw2. katanya gw ngedeketin cowo2. pdhl niat deketin aja kaga, cuma pengen ikutan maen karena seru, dibilang pedekate masa, ah elah..... maap aje ye gw sih murni pengen maen bukan ada niat terselubung macam itu wkwkwkw tp ama siapapun gw maen pasti diledekin macem ini sih,sampe kesel kadang gw, mulutnya iseng amat pada ya, kl org maen bareng harus gitu dihubung2in ama cinta cintaan? aneh.... mo maen aja pusing amat. alhasil cuek bebek bodo amat gw, lagian jg yg cowo2 maen ma gw rata2 ga nganggep gw cw apalagi in game ga ada cw2 nya kata mereka bwkwkkw

27 Apr 2022 βˆ™ Edited

1

0

ditaputri19

Beauty Idol

25 - 29

23 Apr 2022

resiko hidup di negara yg penduduknya cenderung patriarki sis. perempuan dianggap harus bisa ngurus urusan yg domestik2 aja. aku pribadi jg kurang suka sama pemikiran "kodrat perempuan HARUS punya anak". berasa kita sebagai wanita gak punya pilihan hidup gitu. mungkin kalo jaman batu dulu iya aja coz populasi manusia masih dikit, bisa gawat kalo wanita2nya gak mau punya anak. kalo skrg ya anak2 aja banyak yg terlantar di jalanan. drpd maksain jadi ortu terus anak jadi korban ya mending jangan. tapi ya org kita kan banyaknya ga mau tau pokoknya hidup kita harus sama kyk hidup mereka 🀣

23 Apr 2022 βˆ™ Edited

3

3

kittylestrange91

Beauty Goddess

30 - 34

23 Apr 2022

@ditaputri19 nah itu sis, populasi manusia udah kebanyakan 🀣 dan helloooo biaya punya anak juga semakin kesini tuh makin ngga murah. sebelnya aku itu orang" tuh bilang, "kan anak udah ada rejeki nya masing-masing". emang bener tapi kan ya harus dicari juga emang turun dari langit πŸ™„ kadang orang lain tuh enak banget ngatur" kita harus begini begitu di hidup kita sendiri tapi mereka ngga mikir emang mereka yg biayain hidup kita πŸ˜‚ pokonya closing argument aku itu kalo ngomongin masalah ginian sama orang" bebal itu "kalo ngga mau biayain hidup gw ngga usah ngurusin hidup gw" trus udah tinggal 🀣🀣🀣

23 Apr 2022 βˆ™ Edited

1

1

ditaputri19

Beauty Idol

25 - 29

23 Apr 2022

@kittylestrange91 iya biasanya ngelesnya gitu. rejeki dah ada yg ngatur. memang betul tapi ngurus anak itu nggak cuma urusan ada duit bisa makan bisa sekolah. nggak semua orang punya kapabilitas jadi ortu yg baik. kalo emg rejeki aja cukup gak bakalan banyak anak2 org kaya yg bermasalah. ada juga yg baik tapi milih gak jadi ortu karena berbagai alasan. kali aja meski ga punya anak tapi dia anak asuhnya banyak. kita kan gak pernah tau

23 Apr 2022 βˆ™ Edited

2

1

kittylestrange91

Beauty Goddess

30 - 34

23 Apr 2022

@ditaputri19 betul sis, bukan masalah materi aja memang. sering banget aku liat anak" yg ortu nya kaya tapi yaampun sekolah aja males"an, kelakuannya ke orang lain pun ngga sopan. jadi ortu tanggung jawabnya emang berat, kalo ngerasa ngga sanggup, mending jangan. kasian anak"nya nanti πŸ™

23 Apr 2022 βˆ™ Edited

3

0

chacha2407

Beauty Guru

30 - 34

23 Apr 2022

Aku sekarang ngebuka mata banget setuju atas pilihan dari setiap orang. Perbedaan pendapat harus banget di hargain terlebih yg masih pegang pemikiran jaman dulu harus legowo buat bebasin hak orang jaman sekarang yg memilih misal untuk ga punya anak karna mereka pasti punya alasan kuat yg belum tentu orang lain mampu pahami. Aku kagum sama orang yg milih ga punya anak semisal dia tau dy ga mampu u/ menyayangi daripada yg memilih banyak anak tapi ga bertanggung jwb hanya bs menyakiti anak kandung sendiri. Aku lebih respect jauh sama org yg bertanggung jawab dgn pilihannya. Sebisa mgkn emang klo ada org toxic dgn komentarnya di hindari aja πŸ˜•

23 Apr 2022 βˆ™ Edited

3

2

kittylestrange91

Beauty Goddess

30 - 34

23 Apr 2022

@chacha2407 nah bener sis, aku juga mikirnya gitu, buat apa punya anak tapi ngga bisa tanggung jawab, udahannya anak" itu ditelantarkan gitu aja. kalo ngga mampu ya udah, ngga usah dipaksakan. tapi biasanya suka dibalikin gini, "nanti tua sama siapa ngga ada yg ngurus" hey... realitanya banyak anak yg udahannya ngga ngurusin orang tuanya juga kok. aku sih yg kaya gini kuajak debat ya debat sekalian biar melek dan menghargai pilihan orang πŸ˜‚

23 Apr 2022 βˆ™ Edited

2

1

chacha2407

Beauty Guru

30 - 34

23 Apr 2022

@kittylestrange91 Iya bener klo punya banyak anak tapi ga bisa ngedidik pas ortu nya wafat jg klo ga suka doain ortu nya kaya percuma ga sih sama aja kaya ga punya AnakπŸ₯² Bener harus balik hargai pilihan orang lain selama ga ngerugiin siapapun

23 Apr 2022 βˆ™ Edited

2

0

KurniaDliki

Beauty Idol

19 - 24

23 Apr 2022

iya ngeselin bgt sih jaman skrg masih disama2in kaya jaman dulu.. maaf jaman dulu emg perempuan kan rata2 ga kerja, rata2 di rumah, jadi mau gamau ya ngurus anak, bersih2, masak, dll.. trs jaman dulu tuh banyak smk masak/ jahit/ sekolah keputrian gtu, kayanya jaman skrg udh jarang bgt kan ya smk jurusan masak/ jahit? Ditambah jaman skrg kan perempuan kebanyakan kerja.. Aku juga ngerasain sih, aku kerja, jam kerjaku ga nentu, trs sebelum nikah aku kan kos.. Otomatis jarang nyentuh dapur.. Tp begitu nikah aku bisa2 aja tuh masak, kalo emg sekiranya menu-nya asing aku mau kok belajar buat coba bikin, dan kenyataannya jadi tuh masakan (rasa masakanku pun ga buruk2 amat, bahkan kadang suami pernah ajak makan temenny di rumah kalo aku libur) Kalo nyetrika juga bisa walaupun ga serapih laundry.. Tapi emang iya harus koar2 ke orang2 kalo aku bisa masak dll?? Sodara2 & termasuk ortu tuh suka underestimate aku gtu, mereka kira aku gabisa apa2, jadi mereka suka nanya2 bisa masak ga/ suka masakin suami apa ga.. Mana aku orgnya suka makeup, jadi suka dikira bisanya makeup doang, bisanya shopping doang, suka dikira gabisa ngelakuin kerjaan rumah.. Jujur ya aku sakit ati sih kalo digituin.. Padahal suami sendiri ga prnh nuntut2 harus bisa ini itu, bahkan sering blg udh beli makan aja/ laundry aja.. Trs masalah punya anak, aku emg masih blm siap punya anak karena aku punya trauma mendalam sama ortu sendiri.. Aku takut bgt "ga sengaja" ngelampiasin apa yg aku alami ke anakku sendiri nantinya (tau sendiri rantai toxic itu susah bgt diputusinnya) Mungkin alesanku ga bisa diterima banyak org, tp pls bisa ga sih org2 kita tuh ngehargai alesan/ privasi org lain? Org gatau kan sesakit apa yg aku alamin, segimananya aku berjuang melawan depresiku berbulan2, giliran cerita kalo aku depresi sampe ke psikiater belum tentu keluarga nerima/support yg ada malah dijelek2in.. Kadang suka kesel sama sodara/ org lain yg nyuruh2 cepet punya anak.. Padahal suamiku juga ga prnh nuntut2, mertuaku bahkan juga ga ornh nanya2.. Malah keluargaku sendiri.. Makanya paling bener kurang2in komunikasi sama keluarga, aku skrg jarang bgt angkat telfon/ bales wa/ wa basa basi duluan sama keluarga, sama ortu sendiri aja aku milih nutup komunikasi demi kesehatan mentalku..

23 Apr 2022 βˆ™ Edited

4

1

kittylestrange91

Beauty Goddess

30 - 34

23 Apr 2022

@KurniaDliki betul banget. orang" itu harus belajar menghargai privasi dan alasan orang lain. ngga usah kepo. yg ngejalanin hidup kita ya kita, yg ngerasain ya kita sendiri, jadi orang lain ya harusnya ngga usah komen. cukup tau aja udah. aku sih belom nikah, tapi aku udah yakin ngga akan mau punya anak, karena emang bener yg sis nya bilang, rantai toxic itu susah diputusin nya. kayanya emang typical sih ya kalo orang" tua jaman dulu ngga melek masalah mental, jadi kesannya kalo kita ke psikiater itu berarti kita udah gila (ortu ku pun masih berpikir seperti itu). you're not alone in this, sis. I experienced this too. Dan yg kamu lakuin udah tepat kok sis, yg penting mental kamu tetap sehat. semangat and stay strong ya sis ❀️

23 Apr 2022 βˆ™ Edited

1

0

lforlinda

Beauty Goddess

25 - 29

22 Apr 2022

pernah hehe, apalagi culture dan perbedaan masa suka ada aja yg bilang gt. Dulu sempet jd pikiran, kalo skrg lebih ke biasa aja paling senyum trus pergi. hhe

22 Apr 2022 βˆ™ Edited

3

0

rinsapriana

Beauty Guru

25 - 29

22 Apr 2022

Menurut aku ya toxic fem. muncul hanya karena adanya perbedaan pandangan dengan individu dari segi perkembangan sosial saat ini, mereka yang sering melakukan toxic fem biasanya masih terkekang akan pemikiran zaman yang sudah tidak sejalan dengan hari ini. Ada baiknya sedikit menghindar dari lingkungan yang mulai membawa issue toxic fem dalam pembicaraan apalagi sampai di perdebatkan. Di lingkunganku, karena kebanyakan kerjaan bisa di handle oleh perempuan daripada laki-laki maka issue toxic fem ini ga pernah jadi pembahasan utama, sekalipun dibahas adalah yang sisi positifnya.. anw, semangat ya!! jangan sampai toxic fem ini jadi bikin kamu insecure untuk terus mengembangkan diri diberbagai bidang :)

22 Apr 2022 βˆ™ Edited

3

0