Penyakit Gangguan Tiroid - Female Daily Talk

xxvoxx

Beauty Advisor

19 - 24

Edited ∙ 13 Jun 2022

Penyakit Gangguan Tiroid

Hi teman2, adakah disini yang pernah atau sedang mengalami penyakit gangguan tiroid? Aku kena hipertiroid dan beberapa tahun lalu tepatnya 2018 udah pernah ditindak dengan radiologi nuklir (tindakan tanpa bedah). Tapi benjolannya masih ada dan belum hilang. Adakah yang punya rekomendasi dokter bedah tiroid? Atau mau sharing pengalamannya dengan gangguan tiroid? Thank you!

Tags

tiroid

5

11


TALKS

Sort by

Michicojp

Beauty Expert

19 - 24

21 Jun 2022

kakaku tahun lalu sebulan setelah lahiran trus operasi tiroid. 3 bulan recovery suaranya hilang tapi udah sembuh

21 Jun 2022 ∙ Edited

0

0

kiannezra

Beauty Enthusiast

35 - 39

15 Jun 2022

iya cuma obat tiroid doang yg harus rutin diminum. bedah biasanya cuma kl perlu, misal bengkak sampai menekan saluran pernafasan dan pencernaan, tumor (kyk kasus pertama gw), atau memang uda kondisi ga bs lg cuma minum obat. kl bengkak biasa, itu kyk nyokap gw, dikasih obat jg terapi gitu dalam jangka waktu yg mayan panjang. kl benjolan apalagi daerah leher ada baiknya di cek, minimal kita tau dulu itu apa...... dan kl emang tiroid sebaiknya diobatin segera. soalnya tiroid awal2 emang ga brasa, tp ntar kl uda parah malah lebih bahaya. fyi sih dikantor gw, ada yg meninggal mendadak krn hipertiroid dibiarin. jd hiper tiroid memang agak bahaya.

15 Jun 2022 ∙ Edited

0

0

kiannezra

Beauty Enthusiast

35 - 39

14 Jun 2022

gw sih tiroid, dr tumor, hipo, hiper pernah semua haha. pas tumor gw di bedah krn namanya tumor harus diangkat.... dulu gw di daerah menteng, belakang rs bunda ada klinik khusus tht gitu dan pas gw sih nih dokter bagus2 aja cuma gw ga tau msh ada atau ga (uda 10taon ++ ga inget persisnya) abis tumor diangkat, gw kena hipo. pengobatannya sekitar 3 taonan, baru bb normal. cuma pas awal2 melonjak2 mengerikan walo diet ketat olahraga berat sekalipun. dokternya di bandung waktu itu, dokter langganan nyokap. dolo dokternya sampe blg, ga usa pusingin bb dolo, stabilin tiroidnya dulu aja, itu yg penting. gw sempet stress berat jg sih, ya bayangin aja bb naek sampe 2x lipet dalam waktu singkat, pdhl pola makan diet ketat.... trus baru2 ini gw hiper, turun 20 kg an. dokternya di sumber waras (dokter tua, tp cukup bagus) tp ini krn gw pake bpjs. gw masih tahap perawatan sih tp, krn pas pengobatan kmrn sempet hipo trus hiper trus hipo lg jd masih dicari stabilnya dmn. alhasil berat gw uda kek roller coaster skrg wkwkwkkw tp balik lg gw kek dolo pas pengobatan hipo, ga usa dipikirin, utamakan stabil dulu tiroidnya. kalo kata nyokap, dokter yg bagus buat tiroid itu ada di rs cikini, dokter slamet. ini nanganin kk gw sama nyokap gw dan hasilnya cukup oke. kl mo coba bisa daftar kesono, tp katanya kudu pagi2 krn nih dokter antri banget.

14 Jun 2022 ∙ Edited

2

1

xxvoxx

Beauty Advisor

19 - 24

15 Jun 2022

@kiannezra Halo kak thanks a lot for sharing! Berarti emang penanganan tiroid ini emang lama ya bisa tahunan gitu 😅 di pengobatan yang sekarang di sumber waras cuma dikasih obat aja ya kak ga ada tindakan bedah atau apa? i see, nanti aku coba2 cek schedule dokter slamet deh kayaknya sering direkomendasiin. sebenernya aku galau mesti berobat lagi apa ngga krn ga ada gejala apa2 cuma benjolannya itu masih ada jadi khawatir huhu

15 Jun 2022 ∙ Edited

0

0

aisyahassyifa

Beauty Rookie

19 - 24

14 Jun 2022

haloo aku pernah ada keluhan serupa dan ke RS Pondok Indah, akhirnya diobservasi apakah hipertiroid/hipotiroid kalau membesar. dokternya dokter penyakit dalam aku jujur lupa bgt namanya siapa tapi disarankan observasi dulu waktu itu kalo belum hilang tapi gak membesar dan gak mengganggu (gak sakit) berarti gapapa. terus aku konsul juga ke dokter penyakit dalam (lagi lagi lupa namanya) di RS Mayapada Lebak Bulus dan sama hasilnya

14 Jun 2022 ∙ Edited

1

2

xxvoxx

Beauty Advisor

19 - 24

14 Jun 2022

@aisyahassyifa Hi kak, berarti ga dilakukan tindakan apa2 ya? Asalkan benjolannya ga membesar atau sakit? Oke deh aku akan konsul lagi ke dokter. Kemarin concernnya karena denger2 kalo hamil benjolannya bisa membesar karena hormon, aku jadi takut terus pengen ngobatin lagi 😂

14 Jun 2022 ∙ Edited

0

1

aisyahassyifa

Beauty Rookie

19 - 24

14 Jun 2022

@xxvoxx Iyaa selama gak membesar dan gak sakit walaupun masih ada benjolannya gaakan dilakukan tindakan (kecuali kalau mau untuk tujuan estetika katanya) dan di kasusku dokternya bilang ada muncul benjolan di perempuan itu wajar karena hormonnyaa. Benerr mending konsul lagi aja

14 Jun 2022 ∙ Edited

1

0

nblksm

Beauty Savvy

19 - 24

13 Jun 2022

Halo kak, aku juga mengidap gangguan tiroid karena pembengkakan kelenjar tiroid di dekat telinga kiri (dekat rahang dan pipi belakang) dan sampai sekarang belum hilang benjolannya. Waktu bulan Oktober-Januari lalu aku sempat check up ke RS, awalnya di USG, terus dilihat hasilnya enggak ada tanda yang membahayakan jadi hanya diresepin obat aja antibiotik dan obat radang, tapi kalau obatnya sudah habis dia kelihatan lagi benjolannya dan lumayan buat pusing, lalu dokter menyarankan untuk di biopsi, alhamdulillah ternyata bukan kategori tumor atau kista yang membahayakan. Karena benjolannya belum hilang dan terkadang masih sakit aku diresepin obat sambil diarahkan buat CT-Scan. Setelah hasil CT-Scan keluar, dokternya bilang ini kalau di bedah akan riskan karena banyak syaraf di sekitar wajah jadi aku diresepkan obat lagi (antibiotik dan obat radang), tapi jujur sampai sekarang benjolannya juga belum kempes walaupun udah enggak sering sakit dan pusing. Aku belum check up lagi ke RS karena agak hopeless juga sih haha. Tapi aku mau saranin sebagai treatment untuk di rumah bisa minum teh akar bajakah kak, di aku itu sedikit membantu supaya kelenjar tiroidnya enggak membengkak dan sakit lagi.

13 Jun 2022 ∙ Edited

1

3

xxvoxx

Beauty Advisor

19 - 24

14 Jun 2022

@nblksm Hi kak, thank you for sharing! Kalo boleh tau ke RS mana kak? Dan teh akar bajakah itu bisa dibeli dimana ya? Sama bgt kak aku juga hopeless kayak benjolannya ga ilang2 jadi niatku pengen didiemin aja, karena kebetulan aku gangguan tiroidnya ga ada gejala apa2, hanya benjolan. Tapi ortu suruh berobat lagi krn takutnya pas hamil, benjolannya makin membesar 😳

14 Jun 2022 ∙ Edited

1

1

nblksm

Beauty Savvy

19 - 24

14 Jun 2022

@xxvoxx Aku waktu itu pertama di RS Hermina Tangerang kak, terus dirujuk lagi ke RSUD Kab. Tangerang. So far aku lebih suka sama pelayanan di RSUD karena cepat dan dokternya tanggap. Aku belinya di shopee kak, banyak kok, kakak bisa ketik di search barnya pakai keyword “Teh Bajakah” atau “Akar Bajakah”, dia ada dua versi kak, yang bentuk kayak teh celup jadi udah dikantongin gitu tinggal kita seduh aja pakai air panas dan yang bentuknya masih kayak batang pohon dipotong-potong gt kak, nanti masakknya kita rebus di panci sampai keluar warna merah dari tehnya. Kalau aku pribadi suka yang versi masih batang karena dari segi rasa lebih enak (walaupun sebetulnya rasanya cenderung pahit atau kayak air anget biasa).

14 Jun 2022 ∙ Edited

0

1

xxvoxx

Beauty Advisor

19 - 24

14 Jun 2022

@nblksm Oh lokasi kita sama kak di Tangerang! Cuma aku belum pernah coba ke Hermina atau RSUD sih, aku kemarin tindakan radiologi nuklir di Awal Bros. Rencananya pengen konsul lagi ke Siloam, kebetulan ada spesialis endokrin juga disana.. tapi aku mau coba deh beli akar bajakahnya. Btw boleh tau belinya di toko yang mana kah kak di shopee? Karena info dari mama ku banyak palsunya ya 🫠

14 Jun 2022 ∙ Edited

1

0