Belajar Renang Otodidak - Female Daily Talk

etiparatif

Beauty Goddess

25 - 29

Edited βˆ™ 20 Jun 2022

Belajar Renang Otodidak

Sepanjang hidupku aku cuma punya dua penyesalan, salah satunya nggak bisa renang u,u. Padahal bisa dibilang hidupku di kelilingi air (aku tinggal di daerah deket pesisir & kanal) tapi kenapa dulu nggak pernah ada pikiran untuk belajar renang, sekarang besarnya nyesel sendiri karena nggak bisa ikutan renang tiap pergi ke wisata air, lebih dari itu aku sering ngerasa takut liat air atau denger kabar orang tenggelam. Jadi beberapa hari lalu aku putusin untuk belajar renang mulai dari liat tutorial di youtube. Sebenernya udah dari lama punya keinginan mau belajar renang apalagi media kolamnya ada tapi maju mundur karena nggak yakin bisa belajar sendiri (nggak ada guru), umur juga udah segini takut badan kaku dan susah nyesuain. Buat kalian yang jago renang atau belajar renangnya juga di usia dewasa atau belajar renangnya otodidak, ada nggak tips yang bisa ku terapin, kendalanya, cara mengatasinya? Atau mau cerita pengalamannya juga boleh, siapa tau bisa jadi motivasi untukku. Hehe. Makasih! . P.s: Maaf ya kalau topiknya aku taruh di grup ini karena nggak tau cocoknya ditaruh dimana.

Tags

renang
lifeskill
belajar renang
otodidak

7

12


TALKS

Sort by

Akhsanu_na

Beauty Guru

19 - 24

23 Jun 2022

sama pas udah sma gitu kaya malu gitu gak bisa renang, apalagi pernah gitu di tes renang pas matpel olahraga, untung yang gak bisa banyak haha. Aku tuh sebenernya suka banget maen air, kolam renang juga deket gak nyampe 1 km tinggal jalan aja. Cuma izin sama ortu susaaahhh minta ampun, gak ada yang ngajarin, kalaupun boleh ujung2nya cuma berendem aja maen aer. Apalagi dulu sering ada rumor kolam renang minta tumbal tiap tahun :)))) makin parnoan dah ortu ku. Kayanya susah deh kalau gak ada guru lesnya, paling bener kalau mau cepet bisa harus les sih, tetanggaku gak sampe sebulan dah bisa, dan itu seminggu 2x an pertemuan

23 Jun 2022 βˆ™ Edited

0

1

etiparatif

Beauty Goddess

25 - 29

5 days ago

@Akhsanu_na Kalau udah dewasa gini susah ya nemu moment yg pas untuk belajar, ada aja halangannya. Pengen deh kayak tetanggamu, aku di sini kebanyakan mikir doang πŸ˜‚ Padahal kolam kosong ada di depan rumah, tinggal nyemplung aja banyak alasannya.

5 days ago βˆ™ Edited

0

0

GloriaPujihu

Beauty Guru

19 - 24

21 Jun 2022

Kalo otodidat kayanya susahnya, mendingan cari pelatih atau latihan sama temen yg udah bisa. Aku bisa berenang dari SD karna dlu pernah tenggelam dikolam berenang, akhirnya diajarin berenang sama mamah papah πŸ˜‚ aku jujur ga terlalu ingat diajarin dlu gimana tapii aku pernah ajarin temen aku berenang sampe lancar. Dulu yg pertama aku ajarin ngapung dlu dipinggiran kolam aku suruh dia kaya baringan gtu sampe dia bisa ngapung sendiri, trus kalo udah bisa aku suruh pake pegangan di samping kolam untuk jadi pegangan baru belajar kakinya, kalo udah bisa baru aku ajarin pake kickboard supaya bisa maju kedepan gtu berenangnyaa, gtuu dehhhπŸ‘πŸ». Atau klo mau lebih paham coba nonton di youtube deh pasti banyak tutorialnyaa πŸ‘πŸ»

21 Jun 2022 βˆ™ Edited

0

1

etiparatif

Beauty Goddess

25 - 29

22 Jun 2022

@GloriaPujihu Aku juga kepikiran mau belajar sendiri karena liat youtube, banyak tutorial renang otodidak jadi mikirnya 'bisa nih belajar sendiri' tapi dari saran-saran di sini kayaknya lebih baik kalau ada yang latih. Aku jadi mulai pertimbangin untuk belajar sama temen. Thanks ya sarannya.

22 Jun 2022 βˆ™ Edited

1

0

beatrixmicha

Beauty Idol

19 - 24

21 Jun 2022

Sebenernya kalo ga ada yg ngajarin agak susah sih. Kalo ada instruktur biasanya dia bs push limit kita. Misal napasnya awalnya pendek2, bisa dipaksa sampe lebih lama. Dulu aku otodidak tp ga bisa2 karena takut ga bisa ngapung, kalo belajar sendiri biasa cm sampe sebisa kita, malah jadi panik, terus capek duluan, akhirnya les. Awalnya belajar meluncur dulu. Tangannya ke atas gitu, terus ngapung sampe sejauh yg kita bisa didorong pake kaki dr pinggir kolam. Kalo uda bisa jauh, belajar kakinya dipinggir kolam, terus kakinya gerak naik turun sambil dilurusin, latian ga boleh kakinya turun. Sampe lancar baru deh yg tadi digabungin, meluncur sambil kakinya gerak. Nanti gaya2 lainnya liat youtube aja kali yaa πŸ™ˆ

21 Jun 2022 βˆ™ Edited

4

1

etiparatif

Beauty Goddess

25 - 29

22 Jun 2022

@beatrixmicha Aku juga baru niat udah maju mundur duluan karena ragu-ragu, kayaknya memang butuh seseorang yang bisa maksa nih biar lebih efisien. Thanks ya sis sarannya.

22 Jun 2022 βˆ™ Edited

0

0

queensfave

Beauty Goddess

30 - 34

21 Jun 2022

agak susah kalo otodidak, karna mungkin ga ada yg benerin kita. mestinya begini begini, kgn begitu dll. kalo ke wisata air, ikut nyemplung aja, skalian blajar tipis2. tp saran jgn di tmpt berbahaya kyk sungai dll karna masih belajar. plg enak sm instruktur, karna bs lbh cpt juga sih

21 Jun 2022 βˆ™ Edited

2

1

etiparatif

Beauty Goddess

25 - 29

22 Jun 2022

@queensfave Hampir semuanya saranin pake instruktur nih, kayaknya sulit ya kalau belajar sendiri. Kalau liat di youtube sih banyak tutorial otodidak jadi kemarin mikirnya 'ah bisa nih belajar sendiri', tapi dari saran-saran di sini kayaknya aku harus pertimbangin cari temen/instruktur. Thanks ya sarannya.

22 Jun 2022 βˆ™ Edited

0

0

SarahSarah

Beauty Idol

25 - 29

20 Jun 2022

hi sis, aku kebetulan anak sungai tp skrng udah berenang di kolam renang sih wkwk. Bahkan tadi sore aku ke kolam. Kebetulan aku sama anak tetangga kelas 5 SD baru belajar renang sekalian ngajarin dia. Aku renangnya sama bocil2 biasa aja, age is just a number, ga masalah belajar di umur berapa. Saranku pertama belajar ngambang(?) dulu, literally sekedar rebahan di air, ini susah banget karna harus ngatur pernapasan tp setauku di Jepang anak2 sekolahan ada pelajaran begini, buat emergency case, kalau2 ada bencana. Belajar ngambangnya sekalian belajar tenang dalam kondisi apapun, se-jago apapun berenang tp kadang ada aja kendala, kalau panik bisa bahaya, harusnya kalo ada apa2, badan berbalik dan mengambang aja. Tadi juga berenang bareng anak pemilik kolam, jd kami ber-4 di kolam 1.3m - 1.8m. Mereka kalo tiba2 capek atau kehirup air auto berenang sambil balik badan (ngambang, ngeliat ke langit gitu) buat ke pinggir kolam. Oh iya, pakai pakaian yg khusus untuk berenang juga, soalnya bakal keganggu banget kalo pake baju biasa, akan lebih nyaman juga kalo pake kacamata renang, penutup telinga dan hidung. Dan terakhir, buat motivasi, pake smartband atau smartwatch biar datanya ke save dan kita bisa liat progressnya. Anyway semangat yaa.. yuk bisa yukπŸ™Œ

20 Jun 2022 βˆ™ Edited

3

1

etiparatif

Beauty Goddess

25 - 29

21 Jun 2022

@SarahSarah Soal bencana juga sering jadi pikiran, rumah dikelilingi air tapi nggak bisa renang tuh rasanya cepu banget. Kalau liat air kadang kepikiran, "Aku nggak mau meninggal di air deket rumah sendiri." Iya sejauh itu mikirnya cuma karena nggak bisa renang 😁 Makasih ya sis sarannya. Aku juga banyak liat di youtube tutorial renang kayak yang kamu jabarin, tapi mau masuk airnya maju mundur terus karena takut hehe. Semoga dengan tips dari kamu di atas bisa nambah keberanianku.

21 Jun 2022 βˆ™ Edited

0

0

shabilayub

Beauty Guru

19 - 24

20 Jun 2022

Hmm.. sebenernya sih lebih enak kalau ada buddy nya sis, jadi belajarnya ga murni sendirian. Minimal ditemenin sama 1 orang yg udh "bisa" renang (ga perlu jago2 bgt wkwk). Pelajaran pertama bisa dari ngatur napas dulu dlm air.. dulu wktu aku les renang juga itu hal yg pertama kali diajarin. Baru masuk ke tahap berikutnya latihan kaki.. jadi tangannya pegangan dipinggir kolam tp kakinya gerak2 menyesuaikan renangnya gaya apa (misal gaya bebas atau dada/katak) terus kalau udah latihan meluncur (cuma tangan yg dilurusin & dirapetin kakinya ga gerak) gitu aja terus.. kalo niat bisa beli papan pelampung (atau mungkin nyewa) buat latihan kaki gerak2 pindah dari satu sisi ke sisi lain kolam. Tips nya jangan lupa pemanasan yg bener utk mencegah keram, jangan main ke kolam yg dalam, dan bawa teman wkwk semangaat semoga segera bisa berenang!😊😊

20 Jun 2022 βˆ™ Edited

3

1

etiparatif

Beauty Goddess

25 - 29

20 Jun 2022

@shabilayub Thank you masukannya. Kolam kosong depan rumah airnya sekitar pinggang jadi aman lah, tapi temennya ini yang nggak ada, palingan ibu atau adekku yang bisa ku suruh awasin wkwk. Btw dulu proses dari awal sampe bisa renang berapa lama?

20 Jun 2022 βˆ™ Edited

1

0